Langsung ke konten utama

MVC pada Framework Code Igniter.

Halo kali ini kita akan membahas bagaimana peran MVC pada Framework CI.
perlu kalian tahu bahwa rata-rata penggunaan Framework itu menggunakan konsep MVC(Model,View,Controller). 
MVC ? 
MVC itu apa sih? jadi MVC itu ada pemisahan code antara logika dengan tampilannya, supaya lebih terstruktur. Jadi ketika ada user yang melakukan request atau memanggil Controller, maka Controller akan mengecek apakah perlu pemanggilan dari Model, jika iya maka data dari model akan dikirimkan ke Controller. Contohnya ni, User request data absensi mahasiswa, maka Controller akan request data absensi yang ada di Model, dan ditampilkan di View yang bisa di lihat oleh user, nah dari View ke user ini disebut sebagai responsenya, kalo tidak memerlukan Model maka langsung ke View saja, contohnya user request daftar akun, maka controller hanya perlu ke View untuk menampilkan daftar isian untuk daftar akun. yak kira-kira seperti itulah MVC bekerjanya. 
Perlu apa aja ni?
Jadi gimana dong caranya? nah gausah puyeng puyeng, kita langsung aja, download xampp dan CI nya, jika belum tau caranya lihat Di Sini . nah jika sudah, kita lakukan konfigurasinya dlu ya.. disini saya memakai Netbeans IDE, kalian bisa download Di sini .oke langsung saja ke tahap-tahap nya yaa.
Konfigurasi!
  1.  Buka NetBeans kamu, lalu pilih File>New Project>PHP>PHP application With Existing Sources 

  1. lalu source foldernya pilih data penyimpanan code igniter yang di xampp, jika kalian mengikuti tutorial sebelumnya, maka nama foldernya adalah Code Igniter.
  2.  

(abaikan peringatan merahnya, waktu saya buat filenya lupa screenshot jadi ada peringatan kalo udah ada file netbeansnya, ya intinya ikutin aja bro)
  1.  klik source file>application>config>config.php lalu pastikan base url nya link dari local host kita. bingung? nih gambarnya


  1. Selesai konfigurasinya.

How To ?
Jika sudah ikutin langkah berikut ini untuk contoh membuat MVC dasarnya.
Kita akan buat Controller baru, caranya Klik kanan pada Controller > New>PHP File lalu namai dengan (kalo saya) makanan.

lalu ketikkan kode <?php class Makanan extends CI_Controller{}, jika diakses di web dengan http://localhost/CodeIgniter/index.php/Makanan maka akan error 

Karena kita tidak membuat functionnya, oleh karena itu ketikkan
     function index(){
    echo "Selamat Datang";} didalam class makanan. maka jika kita refresh link yang tadi maka akan muncul.

Nah karena MVC itu Controller dan View dipisah, dan dipanggil di Controller maka kita buat Viewnya. View>New>PHP file namai dengan (kalo saya) list_makanan. Lalu isi terserah mau diisi apa untuk ditampilkan, disini saya isi “yoi”


Setelah itu kita hubungkan Controller tadi dengan Viewnya dengan cara memasukkan function pemanggilan Viewnya, ketikkan
    function index(){
        $this->load->view('list_makanan');}
Function yang tadi bisa dihapus aja diganti ini.

Cek di browser di F5 aja.

Akan muncul tulisan sesuai yang ada di view tadi.  Nah kalo mau throw dari controller ke view dan ke controller lagi, coba anda ketikkan ini di controller.
    function index(){
        $judul = "Daftar Makanan";
        $data['judul’] = $judul;
        $this->load->view('list_makanan',$data);  }

Function yang tadi dihapus aja. Sedangkan di view diganti dengan 
<?php echo $judul;?>

Maka di browser tadi akan muncul

Oke next kita ke Model yaaa. Nah model ini berisi data buat modelnya di models>New >PHP File namai dengan (kalo saya) model_makanan, lalu ketikkan
<?php
class model_makanan extends CI_Model{
    function list_makanan(){
        $makanan = array('Nasi Goreng','Mie ayam','Bakso');
        return $makanan;
    }}


Lalu di controller ketikkan
$this->load->model('model_makanan');
$data['makanan'] = $this->model_makanan->list_makanan();

Setelah itu tambahkan ini di viewnya.
<hr>
<?php foreach ($makanan as $m){
    echo $m,'<br>';
}
    ?>       

Maka tampilan di browser akan jadi seperti ini. 


*note : tag HR untuk garis pembatas dari judul ke list makanan, untuk tag br supaya setiap kali pengulangan akan meng-enter jadi akan di tulis kebawah tidak kesamping.
Oke jadi itu cara sederhana bagaimana MVC bekerja pada Framework CI.
Sampai jumpa!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database + CRUD + PHP Code Igniter + XAMPP = GGWP, Cara CRUD paling Gampang dan Menarik!!!!

CRUD? GAMPANG!      Berikut cara-cara yang harus kamu persiapkan untuk memulai.. Membuat Database Konfigurasi CI Membuat Model Membuat Controller  Membuat View Membat Form Add  Membuat Form Edit Membuat Fitur Hapus Data Tapi sebelum melakukan tahap-tahap diatas, kita samain dulu yuk Bootstrap ,file dan lain-lain yang akan kita pergunakan.  Kalian tentunya sudah punya data CI kan? nah ganti nama file nya dengan nama CodeIgniter2. nah nanti kita akan membuat website jualan batik, kenapa namanya CodeIgniter2 ? karena untuk bedain dari tutor sebelumnya yang nama filenya CodeIgniter. kalo sudah, dicek dulu di http://localhost/CodeIgniter2. kalo sudah muncul tampilan welcome page dari Code Igniter maka tahap awal sudah berhasil. Nah selanjutnya untuk Bootstrapnya kita memakai template SB Admin. download disini. menurut saya SB Admin sudah memakai Bootstrap 4 yang bagus. jadi saya pilih itu deh sebagai template.. oke lanjut yaaa. Langkah-Langkah konfigurasi Bootstrap

Pengenalan Tentang PCI (Peripheral Component Interconnect)

Apa sih PCI itu? Pengertian PCI. PCI atau singkatan dari Peripheral Component Interconnect adalah suatu bandwith tinggi yang populer, yang mana prosesor independent nya dapat berfungsi sebagai bus Mezzenine atau bus Periferal. Bus ini didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Dibandingkan spesifikasi bus lainnya, PCI mampu bekerja lebih baik untuk subsistem input maupun output berkecepatan tinggi sebagai contoh; Graphic Display Adapters, Network Interface Controllers dan lainnya. Standard nya berlaku sampai penggunaan 64 saluran data pada kecepatan 66 MHZ, kelajuan transfernya 528 Mbyte/S,atau 4,224 Gbps. PCI hanya memerlukan sedikit keping untuk mendukung bus lainnya yang terhubung dengan bus PCI, tentu saja ini membuat PCI lebih ekonomis untuk kebutuhan Input atau Output dari sistem modern. pada tahun 1990 intel mulai menerapkan PCI untuk sistem berbasis pentiumnya. PCI dirancang untuk mendukung berbagai macam konfigurasi berbasis mikproprosesor. PCI sendiri menggunakan

HEBAT BANGETTT!!| TEKNOLOGI MULTIMEDIA DI BIDANG KESEHATAN INI MENYELAMATKAN RIBUAN NYAWA MANUSIA ! SALUT

BEBERAPA TEKNOLOGI MULTIMEDIA DIBIDANG KESEHATAN       halo geng udah lama banget gak post di blog kali ini, karena emang ngepost karena untuk memenuhi tugas kuliah aja wkwk. oke langsung aja kali ini kita akan bahas tekmologi-teknologi apa saja yang teah membuat banyak perubahan di era modern ini khususnya dibidang kesehatan, yuk simak gan!!!      Pertama agar lebih afdol kita jabarkan dulu nih arti dari kesehatan itu sendiri. Kesehatan  adalah keadaan sejahtera dari badan,  jiwa , dan  sosial  yang memungkinkan setiap orang hidup  produktif  secara sosial, dan  ekonomis .  Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan, dan persalinan.      Nah pemanfaatan teknologi dibidang kesehatan tentu saja membantu pihak kesehatan dalam banyak hal, apa aja sih teknologi dibidang kesehatan ini ? 1.Rekam medis Berbasis Komputer (Computer Based Patient Record)